Wakil Bupati Inhu Hadiri Kunker MENPAN-RB RI di Provinsi Riau

Asri24.com – Pekanbaru – Wakili Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat menghadiri acara Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) Republik Indonesia ke Provinsi Riau.

Kunker tersebut dalam rangka pemberian arahan kepada Aparatur Sipil  Negara (ASN) seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, di Gedung Balai Serindit Aula Gubernuran,  Pekanbaru, Kamis ( 7/9).

Acara dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau dihadiri oleh instansi terkait.

Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Provinsi Riau memahami adanya reformasi dan birokrasi yang baik.

“Dapat memberikan pelayanan optimal dan menjaga netralitas ASN dalam menghadapi Pemilu, Pileg dan Pilkada  2024,” katanya di Pekanbaru.

Sedangkan, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas dalam kesempatan itu memberikan arahan sesuai dengan tagline ” Reformasi Birokrasi Berdampak” yang berisikan topik ” Birokrasi Berdampak, Birokrasi Bukan Tumpukan Kertas, Birokrasi Lincah dan Cepat”.

“Dan Arahan Presiden RI agar seluruh ASN memangkas proses bisnis birokrasi agar pelayanan lebih optimal,” sebutnya.

Selain itu, memangkas seluruh mekanisme yang terlalu panjang di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Bahkan, tantangan daerah  terkait honorer yang tiap tahunnya bertambah jumlahnya, maka dari itu pemerintah masih menyusun regulasi terkait tenaga honorer tersebut.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) akan berperan besar nantinya dan mendorong digitalisasi sebagai alat untuk mencapai kemajuan suatu birokrasi.

Pada saat ini pemerintah pusat sedang  mengurangi aplikasi – aplikasi yang tidak efektif.

MENPAN-RB juga menyampaikan  bahwa ASN akan bertugas di pelosok daerah, terkait hal tersebut pemerintah pusat akan menyusun regulasi untuk penugasan sebaran ASN tersebut.

Lebih penting lagi, katanya, mendorong agar Pemerintah Daerah (Pemda) di lingkungan Provinsi Riau segera membentuk Mall Pelayanan Publik (MPP) untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top