Sarana Prasarana Sangat Berperan dalam Meningkatkan Produksi Padi

Telukk Kuantan, Asri24.Com Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing ) Riau berkomitmen dan terus mengupayakan untuk meningkatkan hasil produksi padi di wilayahnya.

Salah satu faktor yang berperan penting dalam meningkatkan produksi beras adalah adanya dukungan sarana dan prasarana pertanian.

” Maka dari itu Kita berupaya bagaimana prasarana dan sarana pertanian terus ditingkatkan agar produksi beras meningkat,” jelas Kadis Pertanian dan Holtikultura Kuansing Ir. Emmerson, melalui Kabid Sarana Prasarana Beni Miprasadi, ketika bincang-bincang dengan media ini, di ruang kerjanya, Rabu, (08/11/2023).

Menurutnya, dukungan prasarana dan sarana pertanian bertujuan untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP), meningkatkan produktivitas dan produksi melalui upaya memperluas lahan pertanian pada kawasan tanaman pangan untuk mengimbangi alih fungsi lahan.

” Sekarang ada tiga titik pompanisasi irigasi yang baru selesai dibangun melalui kegiatan provinsi, yakni di Desa Pulau Kalimanting, Banjar Lopak dan Pulau Tongah Kecamatan Benai, “ujarnya.

Dengan dibangunnya pompanisasi ini kata Beni, petani bisa mendapatkan air kapan saja mereka butuhkan. Sehingga, tidak lagi khawatir dengan datangnya musim kemarau.

“Mudah- mudahan ke depan hasil produksi beras di Kuansing terus meningkat,” pungkas Beni.

Bahkan, optimis kalau semua stakeholder bersinergi meningkatkan produksi beras, tidak mustahil Kuansing swasembada beras pada 2026 seperti yang disampaikan Bupati Kuansing akan terwujud (Suhendi).

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top