Politik dan Persatuan Untuk Kemajuan Bangsa

Berpolitik Santun Dan Mencerdaskan Anak Bangsa

ASRI24.COM – Riau – Jelang Pemilu 2024, riak perpolitikan tak bisa dibendung. Semua orang berpendapat dan ikut berperan berpartisipasi mengeluarkan pendapat.

Pendapat dikarenakan ada isu hangat, polemik partai, ketidakpuasan anggota partai maupun disebabkan oleh strategi sejumlah pihak dalam menentukan sikap politik.

Semua berjalan seperti air mengalir, ada yang puas, ada pengamat, pelaku dan bahkan juga analisis dalam melihat sesuatu yang terjadi saat ini. Hikmahnya adalah pembelajaran politik untuk masayarakat umum.

Ada juga yang berpikir itulah sebuah politik, harus siap dengan segala konsekuensinya, namun mirisnya, ada yang berpikir picik menilai orang lain itu selalu salah, dirinya yang benar. “Ini yang membuat bingung.”

Terlihat, sebahagian ada yang berpihak kepada idolanya, ada yang bersebrangan karena beda pendapat dan beda pilihan, itu adalah bagian dari retorika politik itu sendiri.

Namun yang terpenting adalah bagaimana semua perpolitikan itu untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. Pelaku politik memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada untuk kemajuan bangsa dan mencerdaskan generasi muda.

Seperti diketahui bahwa politik adalah proses pembentukan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Pengertian ini adalah upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat Jabatan politik yang dikenal dalam Undang Undang Republik Indonesia.

Politik juga dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan perumusan dan implementasi kebijakan publik pemerintah. Berbagai tindakan dalam sistem politik (negara) yang meliputi proses penentuan tujuan sistem dan pelaksanaan tujuan tersebut.

Namun, pada hakikatnya politik merupakan fenomena terkait manusia yang selalu hidup bermasyarakat. Secara kodrat, ia adalah makhluk sosial yang selalu dinamis dan berkembang. Karena itu, politik adalah gejala yang terwujud dalam proses perkembangan manusia.

Sementara, berpolitik merujuk kepada proses dan aktivitas yang melibatkan pengambilan keputusan di dalam organisasi politik. Ini boleh termasuk penglihatan dalam pilihan raya, berkompeten untuk calon politik, menyokong isu-isu politik tertentu, atau menjadi ahli parti politik.

“Politikal will” mungkin merujuk kepada kehendak atau hasrat politik seseorang atau kumpulan dalam sesuatu isu atau tindakan politik.

Ini adalah ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan tekad atau keputusan politik seseorang atau entitas dalam mencapai  perubahan dalam arena politik.

Alangkah baiknya, semua pihak berpolitik santun dan ramah, agar masyarakat paham dan mendapatkan pembelajaran politik yang baik sesuai azas demokrasi.

Contohnya, jika seseorang mempunyai “Politikal will” yang kuat untuk mengubah undang-undang tentang alam sekitar, mereka mungkin akan melakukan segala yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, seperti menyokong dasar alam sekitar dan mempengaruhi pemimpin politik untuk mengambil tindakan yang bersesuaian.

Sesungguhnya, politik dan kemajuan bangsa adalah dua konsep yang saling berkaitan dan memainkan peranan penting dalam perkembangan sebuah negara atau masyarakat.

Politik merujuk kepada proses pengambilan keputusan dan pengurusan sumber daya di dalam sebuah negara atau komuniti.

Ia melibatkan tindakan, dasar, dan peraturan yang dibuat oleh pihak berkuasa untuk mengatur masyarakat.

Politik juga melibatkan pelbagai institusi seperti kerajaan, parti politik, badan bukan kerajaan, dan warga negara yang terlibat dalam proses perubahan dasar dan pelaksanaannya.

Tujuan politik termasuk pemeliharaan ketenteraman, keadilan, kenyamanan rakyat, dan pembangunan negara.

Sementara, kemajuan bangsa merujuk kepada peningkatan kualitas hidup dan pembangunan masyarakat dan ekonomi dalam suatu negara.

Ini melibatkan pertumbuhan ekonomi yang mapan, peningkatan dalam pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial, serta perbaikan infrastruktur dan teknologi.

Kemajuan bangsa juga termasuk peningkatan dalam taraf hidup rakyat, pengurangan kemiskinan, dan peluang yang lebih baik bagi generasi masa depan.

Kejayaan politik dan pengurusan negara memainkan peranan penting dalam mencapai kemajuan bangsa.

Dalam konteks yang lebih besar, politik yang baik dan efektif dapat membantu mencipta persaudaraan yang menggalakkan kemajuan bangsa.

Sebaliknya, kemajuan bangsa yang berterusan juga dapat memberi sokongan kepada kestabilan politik. Kedua-dua konsep ini adalah aspek penting dalam pembinaan dan pertumbuhan sebuah negara.

Jadi, isu hangat tentang perpolitikan saat ini adalah sebuah perjalanan menuju tujuan dan kemajuan bangsa kedepan.

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top