Perpustakaan Buya Ma’rifat Mardjani MAN I Kuansing Juara Nasional 2023

ASRI24.COM – Kuansing – Riau – Perpustakaan Buya Ma’rifat Mardjani MAN 1 Kuantan Singingi sukses meraih Juara 1 lomba “Perpustakaan SMA/SMK/ MA Tingkat Nasional” yang dilaksanakan pada 12-15 September 2023 di Jakarta.

“Pengumuman pemenang, Jumat (15/9), ada 17 perpustakaan masuk finalis, lima terbaik,” kata Dosen Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Ir Nariman Hadi M.M di Teluk Kuantan, Sabtu.

Ia mengatakan, hasil seleksi tim tercatat ada 17 perpustakaan masuk sebagai finalis dari empat klaster dan terpilih lima terbaik pada klaster regional Sumatra.

Perpustakaan Buya Ma’rifat Mardjani MAN 1 Kuantan Singingi ada dalam klaster I Regional Sumatra tersebut. Dari perjuangan tim dan semua pihak hingga mengantarkan perpustakaan menjadi juara adalah menjadi catatan sejarah.

“Tentunya, sebagai anak dari Tokoh Pendiri Riau Buya Syeikh Ma’rifat Mardjani sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi,” ujarnya.

Apresiasi kepada semua pihak, karena telah berjuang menjadikan nama Tokoh Pahlawan Riau sebagai nama perpustakaan hingga menjadi perpustakaan terbaik nasional.

Sebagaimana diketahui bahwa yang masuk dalam regional Sumatra adalah beberapa provinsi yakni Aceh, Bengkulu, Sumatra utara, Sumatra Barat, dan Riau.

Pelaksanaan Presentase dilaksanakan pada Rabu 13 September 2023 lalu, banyak masyarakat Riau menyaksikan dan mengikuti acara tersebut secara online.

Sedangkan, pada Jum’at 15 September 2023 seluruh warga MAN 1 Kuansing nonton bareng, detik- detik pengumuman dengan penuh haru suasana pagi di MAN 1 Kuansing.

Dengan keluarnya Perpustakaan Buya Ma’rifat Mardjani sebagai Juara 1 Tingkat Nasional secara otomatis menyematkan Perpustakaan Buya Ma’rifat Mardjani sebagai Perpustakaan Rujukan Nasional 2023.

Atas prestasi itu, Pemerintah Kabupaten Kuansing sudah saatnya merespon positif dan memberikan apresiasi serta penghargaan kepada tim yang telah mengharukan nama daerah Kuansing.

Kepala Sekolah MAN I Kuansing Suhelmon mengucap rasa syukur yang penuh haru atas prestasi yang gemilang ini.

“Terima kasih kepada Tim Perpustakaan Buya Ma’rifat Mardjani serta seluruh keluarga Besar MAN 1 Kuantan Singingi atas kerja kerasnya,” katanya.

Dan atas semangat yang luar biasa untuk menjadikan Perpustakaan Buya Ma’rifat Mardjani sebagai Perpustakaan Rujukan Nasional (PRN) 2023.

Ia juga mengajak, bersama – sama mempertahankan Kualitas dan kuantitas Perpustakaan Buya Ma’rifat Mardjani dan dapat memberikan Layanan yang terbaik.

Untuk informasi, Ma’rifat Mardjani adalah putra terbaik Kuansing, terbaik Riau yang berhasil duduk di Parlemen RI Tahun 1955 hasil Pemilu pertama dari wilayah Sumatra Tengah partai politik PERTI.

Setelah menjadi anggota Parlemen RI, dirinya berjuang merespon aspirasi masyarakat Riau agar Riau berdiri sendiri, pemekaran dari Sumatra Tengah.

Melalui perjuangannya di Parlemen RI berhasil mendirikan Riau, setelah mendapatkan persetujuan Presiden RI Soekarno dan Wakil Presiden RI Muhammad Hatta.

Itupun sesuai dengan undang undang pada masa itu, dan karena tekat dan berjuang tanpa pamrih, hingga setakat ini, generasi penerus dapat merasakan hasil perjuangannya.

Oleh karena itu, saatnya generasi penerus, generasi muda mengingat sejarah dan menjadikan referensi agar perjuangan yang telah dilakukan oleh Tokoh Riau Ma’rifat Mardjani menjadi motivasi. (Tim).

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top