Pemkab Inhu Gelar Kegiatan Peningkatan Penguatan FKUB

ASRI24 – Rengat – Riau – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Indragiri Hulu, Provinsi Riau menggelar kegiatan peningkatan kelembagaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Ruang Rapat Kantor Bappeda, Senin pagi.

Acara tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Setda) Inhu Syahruddin mewakili Bupati Rezita Meylani Yopi, S.E pada pukul 09.00 WIB.

Asisten I Sekdakab Inhu Syahruddin mengatakan, agar terwujud kerukunan umat beragama secara optimal di Inhu penting adanya kegiatan penguatan.

“Dengan harapan, FKUB Inhu mendapatkan ilmu dan pembekalan sehingga kerukunan umat beragama berjalan dengan baik,” ujarnya.

Tidak ada terjadi gesekan dan hubungan baik tetap berjalan secara maksimal, terutama mendukung program pemerintah membangun daerah dalam menuju masyarakat yang sejahtera.

Keberadaan FKUB juga dapat menjadi wadah aspirasi umat, terjadinya hidup toleransi, kesetaraan dan saling menghargai dan pengertian.

Sedangkan, Kepala Badan Kesbangpol Inhu Bambang Iramawan, S.STP, MSP mengatakan, adapun maksud dari kegiatan itu adalah untuk meningkatkan kemampuan FKUB Inhu.

Serta dengan tujuan untuk meningkatkan kerukunan umat beragama di Inhu. Acara berlangsung dengan dialog dan pemaparan dari narasumber.

Acara diselenggarakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 1965, Peraturan Bersama Mentri Agama dan Menteri Dalam Negeri RI nomor 9 tahun 2006 dan Nomor 8 tahun 2006.

Keputusan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/BER/MDN-MAG/1969.

Salah satu narasumber kegiatan penguatan FKUB dari Analis bidang Ketahanan Ekososbudgamas Riau, Indra Prayoga, S.STP mengatakan, kerukunan umat beragama menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

“Jadi peran FKUB di tengah keberagaman beragama harus optimal,” pintanya.

Dengan optimalnya peran FKUB maka daerah terhindar dari sikap intoleransi, maka lahirlah masyarakat yang kondusif, damai, saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya.

Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama, dan Organisasi Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Inhu Elpi Pistori, SKM menambahkan, kegiatan penguatan FKUB Tahun 2023 adalah upaya untuk mengoptimalkan peran organisasi kemasyarakatan itu.

Peserta PKA Angkatan 2 Tahun 2023 yang berhasil meraih juara 2 ini juga menyebutkan, sehingga menjadi wadah aspirasi umat di tengah kehidupan beragama dan bermasyarakat di Inhu.

“Acara penguatan itu diikuti 17 peserta dari FKUB Inhu,” sebutnya.

Kegiatan yang ditaja oleh Badan Kesbangpol Inhu dalam rangka pembekalan anggota dan pengurus FKUB agar dapat membantu pemerintah untuk mengoptimalkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sehingga, tidak ada terjadi gesekan yang menimbulkan ketidaknyamanan masyarakat. (Red)

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top