Meriahkan Hari Perhubungan, Dishub Inhu Gelar Senam dan Jalan Sehat

ASRI24.COM – Rengat – Riau – Kepala Dinas Perhubungan Indragiri Hulu, Riau Jawalter S mengatakan, akan melaksanakan kegiatan senam dan jalan sehat bersama dalam rangka meriahkan Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) 2023 di Inhu.

“Acara senam sehat dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Inhu bersama ASN dan masyarakat,” katanya di Rengat, Rabu.

Acara pada Kamis (14/9) dimulai pukul 07.00 WIB, peserta memakai pakaian olah raga.

Menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang diperingati setiap 17 September, Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) biasanya menggelar sejumlah kegiatan.

Pihak Dishub Inhu juga melaksanakan kegiataan olah raga bersama. Untuk mensukseskan acara itu, tentu perlu dukungan semua pihak.

“Kami berharap, semua kegiatan dapat berjalan lancar, Kamis besok,” harapnya.

Ia juga menjelaskan, Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) diperingati setiap 17 September berdasarkan pada Keputusan Menteri Perubunngan Nomor SK. 274/G/1971 pada tanggal 26 Agustus 1971.

Keputusan Menteri tersebut memuat tentang Hari Perhubungan Nasional, hari jadi atau hari bakti dari setiap organisasi/lembaga sektor perhubungan disatukan menjadi Harhubnas yang kemudian diperingati setiap 17 September tersebut.

Seperti diketahui bahwa, sesuai dengan SK. 274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 peringatan Harhubnas memiliki 3 tujuan utama, yaitu:

Meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa insan perhubungan dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya

Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik

Meningkatkan penghayatan dan pengamalan Lima Citra Manusia Perhubungan

Peringatan Harhubnas itu bukan semata – mata untuk mengenang hari kelahiran atau ulang tahun suatu organisasi/lembaga di bidang Perhubungan Nasional.

Namun lebih merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah di bidang perhubungan, dimana memberikan inspirasi/motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia dengan tujuan efisien dari segi waktu dan biaya.

Harhubnas menjadi bagian dalam daftar hari penting nasional dalam mencapai tujuan – tujuan yang diharapkan dari empat sektor transportasi (Darat, Laut, Udara, dan Perkeretaapian) yang terintegrasi dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui Menteri Perhubungan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan berkomitmen terus meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Transportasi.

Tentunya, yang saling bersinergi dalam mewujudkan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat di seluruh Indonesia.

Manfaatnya adalah terbentuknya jiwa korsa dan kebersamaan seluruh anggota Keluarga Besar Sektor Perhubungan dan terciptanya apresiasi positif stakeholder dan masyarakat terhadap organisasi dan insan perhubungan. (Red)

 

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top