Mengenal, Memahami Tarekot

 

Tarekat adalah jalan yang ditempuh berdasarkan syariat oleh seorang thariq atau pejalan untuk menuju jalan hakikat dengan lebih memahami, mengetahui, dan mengenal Allah SWT. Syafiq menyebut tarekat menjadi jalan yang ditempuh atau ditapaki untuk mencari pengetahuan dan beribadah kepada Tuhan.

Syafiq menjelaskan bahwa secara harfiah, tarekat berarti jalan. Tarekat adalah jalan yang ditempuh berdasarkan syariat oleh seorang thariq atau pejalan untuk menuju jalan hakikat dengan lebih memahami, mengetahui, dan mengenal Allah SWT.

Syafiq menyebut tarekat menjadi jalan yang ditempuh atau ditapaki untuk mencari pengetahuan dan beribadah kepada Tuhan.

Perilaku tarekat ini sudah ada sejak masa Rasulullah SAW.

“Dalam tradisi Islam, sesungguhnya perilaku tarekat sudah lama dipraktikkan, bahkan sejak zaman Rasulullah SAW masih hidup. Tarekat pada masa lalu berbentuk perilaku asketis alias meninggalkan keduniawian atau zuhud,” kata Syafiq.

Apa itu Tarekot : Thoriqoh atau tarekat secara bahasa berarti “jalan”. Sedangkan secara terminologi Mutashowwifīn diartikan sebagai jalan yang ditempuh seorang hamba menuju ridlo Allah Subḥānahu wa Ta’ālā. Namun ada juga yang mempersempit pengertian tarekat dengan mendefinisikan sebagai jalan menuju ma’rifat Allah.

Tujuan tarekat : adalah  membersihkan jiwa dan menjaga hawa-nafsu untuk melepaskan diri dari pelbagai bentuk ujub, takabur, riya’, Hubud dunya (cinta dunia), dan sebagainya. Tawakal, rendah hati/tawadhu’, ridha, mendapat makrifat dari Allah, juga menjadi tujuan tarekat.

Apakah tarekat ada dalam Alquran? : Diantara ayat Al-Qur ‘an yang dijadikan landasan zikir dalam ajaran tarekat adalah: QS 33:41- 42, QS. 3:191, QS.29:45, QS 2:152, QS 59:19, QS 43: 36, dan QS 58:19.

Dari sekian banyak aliran  tarekat  tersebut terdapat sekurang-kurangnya tujuh aliran tarekat yang berkembang di Indonesia, yaitu  tarekat  Qadariyah, Rifaiyah, Naqsyabandiyah, Sammaniyah, Khalwatiyah, al-Hadad, dan tarekat Khalidiyah, Satariah, Idrissiah, Tijaniah, Al Adawiyah dan sebagainya.

Apa manfaat tarekat dalam kehidupan sehari hari? Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pencapaian seseorang melalui Tarekat akan mampu mengetahui tentang tata cara melakukan pembersihan diri serta mengamalkannya secara benar. Dari pengetahuan ini diharapkan menjadi seseorang yang mampu mengendalikan diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Bersambung !

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top