Memahami Istilah Penting Dalam Berita

Berbagi info itu adalah penting, namun berbagi ilmu jauh lebih penting.

Melihat saat ini, profesi jurnalis itu sudah menjadi target banyak orang, pasalnya, profesi yang nilai sangat mulia bukan saja sebagai kontrol sosial, profesi menghasilkan uang, untuk menambah pendapatan keluarga namun juga untuk membanru memberikan informasi fakta kepada masyarakat.

Tidak heran, banyak orang berinvestasi di bidang media massa dengan membangun media cetak dan online dengan berbagai program unggulan.

Sebagai seorang berprofesi jurnalis atau sering juga disebut wartawan atau pewarta bahkan ada yang menyebutkan kontributor. Istilah – istilah luar biasa populer di tengah masyarakat umum.

Akan tetapi, untuk menjalani profesi itu, kembali lagi bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan dianggap biasa saja. Karena, profesi ini menuntut keahlian dan kedisiplinan dan penuh tanggungjawab, menulis berita adalah kewajiban utama.

Untuk menghasilkan berita yang baik atau hasil karya jurnalistik yang berstandar penting seorang jurnalis memahami banyak hal seperti yang akan kami sampaikan, ulas secara sederhana melalui tulisan ini sebagai berkelanjutan :

Adapu. Pembahasan kali ini adalah berkaitan dengan istilah – istilah utama dalam berita karya jurnalistik yaitu :

(Ide , Judul, Lead, Body, Leg, Poto Kalimat, Alinea, Piramida Terbalik
Unsur Berita, Nilai Berita, bahasa berita. Dll)

Mari kita belajar bersama :

1. Kerangka berita : merupakan gambaran kasar bagaimana informasi yang telah dikumpulkan tersebut akan diolah menjadi sebuah berita. Berita terdiri dari 3 (tiga) unsur yakni judul, teras, serta kelengkapan atau penjelasan berita.

2.Teks berita adalah teks yang berisi tentang sebuah peristiwa, kejadian, atau informasi yang berupa fakta. Seperti halnya teks lain, terdapat struktur yang membentuk sebuah teks berita.

Struktur berita secara urut meliputi judul (headline), kepala berita (lead), tubuh berita (body), dan ekor berita (Leg).

3. Ide berita adalah sebagai  rancangan yang tersusun di dalam pikiran; atau perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran. Gagasan, seperti halnya ide, memiliki arti hasil dari pemikiran.

4. JUDUL berita (headline) merupakan gambaran topik berita yang berfungsi memberitahukan berita apa yang disajikan.

Judul berita sangat membantu para pembaca yang sibuk dan mempunyai waktu yang terbatas karena secara singkat judul berita memberikan informasi awal kepada pembaca.

5.Kepala berita (lead) adalah bagian awal pemberitaan yang memuat keenam unsur berita. Kepala berita berisikan informasi penting yang susunan unsurnya dapat bervariatif.

6.Body berita atau tubuh berita adalah struktur yang memuat informasi penting yang dapat berupa penjelasan mengapa dan bagaimana.

7.Leg (kaki atau ekor berita): berisi hal-hal yang tidak terlalu penting, sehingga apabila dihilangkan oleh editor tidak akan berpengaruh terhadap pokok bahasan berita.

Ekor berita adalah struktur yang memuat informasi tidak penting yang tidak memiliki kaitan langsung dengan judul beritanya.

8. Foto jurnalistik adalah sebuah bentuk dari jurnalisme (mengumpulkan, menyunting, dan memperlihatkan bahan berita untuk publikasi atau penyiaran) yang menggunakan gambar-gambar dalam rangka mengabarkan sebuah berita.

9. Kalimat berita merupakan  kalimat yang memberikan atau memaparkan sebuah informasi kejadian atau peristiwa sesuatu kepada pembaca atau pendengarnya.

10. Isi berita adalah apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana (lebih kepada 5WIH)

Berita adalah keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Hangat artinya kejadian yang diberitakan tersebut sedang menjadi perbincangan orang banyak (aktual).

11. Paragraf berita adalah sebuah teks atau laporan yang memaparkan suatu berita dan peristiwa.

11. Piramida terbalik adalah struktur penulisan atau penyajian berita paling dasar yang umum dilakukan wartawan, khususnya untuk straight news atau feature.

Dengan cara ini, wartawan menempatkan semua informasi penting pada bagian awal, kemudian makin kebawah memuat informasi yang kurang penting.

13.Unsur Berita adalah sesuatu yang sangat penting menjadi perhatian wartawan, karena itu adalah inti sebuah berita.

Biasanya dikenal dengan rumus 5W+1H berisi inti-inti penyusun berita atau cerita tersebut. 5W+1H sendiri diambil dari kata-kata tanya dalam bahas Inggris seperti, What, Who, When, Why, Where, dan How. Dalam bahasa Indonesia kata-kata tanya tersebut adalah Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Di mana, dan Bagaimana.

14. Nilai berita merupakan  patokan seorang reporter/wartawan dalam menilai apakah sebuah peristiwa layak diberitakan atau tidak.

15.Bahasa jurnalistik adalah bahasa komunikasi massa yang berfungsi sebagai pemberi informasi kepada publik, atau dapat diartikan sebagai bahasa komunikasi pemberitaan.

Beberapa item penting itu menjadi dasar bagi seorang penulis di media massa. Sehingga dalam menjalani tugas sehari – harinya akan lebih mudah dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Nah, demikian keterangan awal untuk kita ketahui bersama agar menjadi jurnalis yang handal dan profesional. (Bersambung)

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top