Luar Biasa Besar Manfaat Air Kelapa

Sebagai bahan informasi, bahwa dari sejumlah sumber mengatakan sangat besar manfaat jika meminum air kelapa.

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan air kelapa muda kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi ringan termasuk untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil. Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan antioksidan.

Apa manfaat minum air kelapa setiap hari?

Karena mengandung potasium yang tinggi, air kelapa dapat membantu mengatur tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya kalium dapat membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah dan bahkan melindungi dari stroke.

Minuman yang identik dengan pantai dan suasana terik matahari ini memiliki manfaat luar biasa. Beberapa manfaat air kelapa adalah mencegah batu ginjal, menurunkan kolesterol, dan mencegah infeksi saluran kemih.

Air kelapa baik yang muda maupun tua sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang sama. Perbedaannya hanya pada jumlah kandungan air dalam kelapa dan rasanya.

Kelapa tua biasanya memiliki sedikit air dan lebih banyak daging buahnya. Dagingnya juga lebih keras. Pada minuman ini, kandungan gula akan berkurang saat kematangan kelapa bertambah.

Jika kamu lebih suka minuman yang tidak terlalu manis, air kelapa tua bisa jadi pilihan minuman sehat.

Satu cangkir air dengan berat 245 gram, dapat menyediakan nutrisi sebanyak. Kalori: 44 kkal. Lemak: 0 gram. Natrium: 64 miligram. Karbohidrat: 10.4 gram. Serat: 0 gram.Gula: 9.6 gram. Protein: 0,5 gram. Vitamin C: 24,3 miligram. Kalium atau potasium: 404 miligram.

Berdasarkan nutrisi tersebut, air kelapa mengandung protein, karbohidrat dalam jumlah kecil sekaligus tidak memiliki lemak. Selain itu,  air kelapa dapat menjadi sumber vitamin C yang sangat baik. Kandungan nutrisinya membuat air kelapa menjadi salah satu minuman sehat yang dapat kamu dan keluarga konsumsi secara moderat setiap harinya.

Minuman ini dapat menurunkan kadar gula darah pada pengidap peyakit gula. Hal ini karena minuman segar tersebut merupakan sumber magnesium yang baik.

Magnesium dapat meningkatkan insulin dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu, berikut beberapa manfaat air kelapa lainnya bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Hipertensi dapat memicu penyakit jantung. Sedangkan, konsumsi minuman ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dengan membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

Selain itu juga, minuman sehat ini bisa memulihkan tekanan darah tinggi yang terjadi karena pola makan yang kaya akan fruktosa.

2. Manfaat minum air kelapa sebagai minuman olahraga

Air kelapa mengandung elektrolit alami. Dalam satu cangkir, minuman ini setidaknya mengandung 404 miligram kalium. Adapun, kalium berperan penting dalam tubuh, termasuk membantu fungsi ginjal dan kontraksi otot.

Minuman ini bisa menjadi alternatif alami untuk minuman olahraga yang terjual bebas. Menariknya lagi, air kelapa sering mengandung lebih banyak kalium atau potasium daripada minuman olahraga rata-rata. Potasium merupakan elektrolit utama yang hilang dalam keringat.

Meski begitu, karbohidratnya lebih sedikit daripada banyak minuman olahraga. Hal ini membuat minuman ini belum tentu dapat memberikan dorongan energi yang besar untuk latihan yang berat atau lama. Tetapi, minuman ini dapat membantu rehidrasi sesudah olahraga.

Jika kamu tetap ingin memilih air kelapa sebagai minuman olahraga, sebaiknya konsultasikan porsi konsumsinya dengan dokter. Cek rekomendasi dokter spesialis gizi klinik terbaik dari aplikasi Halodoc.

3. Menurunkan kolesterol

Karena mengandung potasium yang tinggi, air kelapa dapat membantu mengatur tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya kalium dapat membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah dan bahkan melindungi dari stroke.

4. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Air kelapa mengandung antioksidan, yang membantu melindungi dari radikal bebas. Antioksidan dapat membantu untuk melawan kerusakan sel, meningkatkan imun tubuh, serta menurunkan risiko mengidap penyakit kronis.

5. Manfaat air kelapa untuk menyehatkan kulit

Menyehatkan kulit, meningkatkan kelembapan dan elastisitasnya, adalah manfaat minuman ini. Tidak hanya sebagai minuman, mengoleskannya ke kulit juga memberikan manfaat signifikan.

Mulai dari  membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, kerutan halus, dan pigmentasi.

6. Menyeimbangkan elektrolit tubuh

Manfaat air kelapa yang tidak boleh kamu sepelekan adalah menyeimbangkan elektrolit. Sebab, keseimbangan elektrolit ini memengaruhi fungsi otot dan produktivitas tubuh.

Air minuman ini mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Semuanya adalah elektrolit yang penting bagi kesehatan tubuh.

7. Membantu menghilangkan mual saat kehamilan

Elektrolit dalam minuman ini bisa membantu menggantikan yang hilang saat mual di pagi hari. Nutrisi di dalamnya juga bermanfaat bagi janin yang sedang berkembang. Itulah sebabnya, mengapa tak jarang bumil menjadikan air sehat ini untuk camilan selingan.

Namun, jika mual terus berlanjut, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter di Halodoc. Dengan begitu ibu hamil bisa mendapatkan saran dan penanganan yang tepat. Klik gambar berikut untuk berbicara dengan dokter sekarang (Dari sejumlah Sumber).

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top