Ketua DPA, DPN LAMR Silaturahmi Dengan Masyarakat

ASRI24.COM – Rengat – Riau – Ketum Dewan Pimpinan Negeri Lembaga Adat Melayu Riau ( DPN – LAMR) Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau Datuk Seri Marwan MR memasangkan Tanjak Datuk Panglima Rajo Cindai Nenek Nan Tigo di Desa Talang Jerinjing, Rengat Barat, Rabu (29/11).

Kehadiran Marwan MR mendapatkan sambutan luar biasa masyarakat setempat. Bahkan, prosesi secara adat tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Agung ( DPA) LAMR Riau Tan Seri Syahril Abu Bakar dan disaksikan lebih dari 200 warga setempat.

“Acara sakral dan meriah itu juga berlangsung peresmian Balai Besar Datuk Panglima Rajo Cindai di Pematang Kompas,” kata Datuk Seri Marwan.MR di Pematang Reba.

Sebelum acara berlangsung, rombongan LAMR Inhu disambut dengan seni pencak silat dan tari penyambutan dari Tim Sanggar Tari Pematang Reba.

Ketua DPN LAMR Inhu juga mengatakan, acara sakral dan pemasangan tanjak kepada penerima gelar adalah bentuk pelestarian adat dan komitmen bersama bahwa adat menjadi perhatian serius semua pihak.

“Semua harus mencintai adat dan ikut mempertahankannya,” ujarnya.

Dimana langit dijunjung, disitu bumi dipijak, melalui acara silaturahmi antara Pengurus dan Anggota LAMR Riau dan Inhu dengan masyarakat akan memperkuat persatuan.

Akan memperkokoh kekeluargaan dan justru sangat dianjurkan dalam agama, selain dampaknya memperpanjang umur dan mempermudah rezeki juga situasi akan semakin kondusif.

Keinginan besar masyarakat untuk bersilaturahmi dengan pengurus LAMR Riau dan Inhu perlu diapresiasi tinggi.

LAMR Inhu akan terus memperkokoh keberadaannya di seluruh wilayah kecamatan se Inhu, sehingga masyarakat benar – benar merasakan manfaatnya.

Ini dibuktikan dengan antusiasnya lapisan masyarakat meminta Ketua DPN LAMR Inhu Datuk Seri Marwan MR untuk turun langsung ke desa dan kecamatan.

Ketua DPN LAMR Inhu dikenal sangat bermasyarakat dan peduli dengan situasi yang ada, sehingga banyak warga yang membutuhkan petunjuk dan arahan terkait berbagai isu yang berkembang, sesuai dengan peran LAMR itu sendiri.

Sedangkan, Ketua DPA LAMR RIAU Datuk Sri Sahril Abu Bakar menyebutkan sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas besarnya harapan masyarakat kepada pelestarian adat.

“Kami bangga, sangat tinggi animo masyarakat Inhu untuk melestarikan adat istiadat dan mendukung program LAMR Riau dan LAMR Inhu,” sebutnya.

Seperti diketahui bahwa Undang – Undang Dasar 1945 mengakui hukum adat. LAMR itu aset negara yang harus terjaga dengan baik. ***

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top