Bibit Sawit Unggul Ditanam Ulang di Atas Lahan Seluas 450 Hektar

ASRI24 – Rengat – Riau – Koperasi Unit Desa Mekar Abadi (KUD-MA) Desa Tasik Juang, Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu, Riau menanam ulang pohon sawit di atas lahan seluas 450 hektar.

Lahan milik kelompok tani Tri Panca Usaha (TPU) untuk bibit sawit unggul yang masuk dalam program tumbang chiping dan tanam perdana Program Sawit Rakyat (PSR) KUD Mekar Abadi.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi menghadiri acara pada Selasa (10/10) tersebut, mendapat kesempatan menanam sawit perdana.

“Sebelumnya, tanaman sawit yang ada sudah berumur 25 – 30 tahun. Oleh karena itu perlu peremajaan,” katanya di Rengat.

Agar hasilnya lebih baik dan optimal, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mengapresiasi program PSR KT KUD Mekar Abadi, karena untuk mensukseskan program kesejahteraan petani.

Jika tidak diremajakan, produksi sawit menurun, dengan program peremajaan maka pendapatan petani akan lebih besar. Namun, petani harus mengelola dan menjaga sawit itu dengan baik.

Oleh sebab itu, langkah kelompok tani tahun 2023 ini adalah menanam pohon sawit baru adalah positif dan bakal di ikuti oleh petani lainnya di Inhu.

Akan tetapi, Bupati Rezita berpesan agar proses tumbang sawit dan pembersihan lahan tidak dengan cara membakar.

Karena, itu pelanggaran dan merusak lingkungan hingga mengakibatkan gangguan kesehatan masyarakat akibat asap yang ditimbulkan. ***

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top