Belajar Itu Kunci Sukses Jadi Wartawan

Belajar Bersama …

Sepertinya, bahasa yang sangat sederhana “Menulis Berita di Media Online” kata – kata yang mudah terucap namun sulit untuk mengaplikasikannya.

Mengapa demikian ? Sangatlah beralasan, bahwa seseorang yang berkeinginan kuat untuk menghasilkan karya jurnalistik berupa BERITA agar lolos terbit di media online membutuhkan ilmu.

Ilmu jurnalistik ternyata penting. Menulis berita itu tidak semudah apa yang dibayangkan, juga bisa dibilang gampang jika tahu tips – tips nya.

Kuncinya ada pada diri sendiri, apakah mau belajar ? Karena tanpa belajar tentu tidak akan bisa menghasilkan karya lebih baik.

“Berita” atau sering disebut Berita “Langsung” adalah salah satu hasil karya Jurnalistik. Setiap orang yang menjadi dan menjalani profesi wartawan atau disebut juga jurnalis, menulis berita adalah konsumsi setiap hari.

Ada semacam kewajiban setiap hari bagi yang menjalani profesi itu agar menulis berita. Hal ini sesuai dengan Undang – Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Dan itu adalah tuntutan media massa baik itu online maupun cetak, beda halnya dengan media sosial.

Permasalahannya ?

Sudahkan kita menghasilkan karya jurnalistik berupa BERITA LANGSUNG itu ? Tapi berita layak siar.

Menulis berita, bukan sekadar menulis, menulis karya dengan ilmunya. Karena, tanpa ilmu dan seninya pasti mendapatkan kesulitan.

Kedua itu sangat penting agar hasil karya layak terbit media dan jika sudah kayak terbit, pasti ada kebanggan tersendiri bagi seorang jurnalis.

Ilmu menulis berita itu Simple saja, harus bisa memahami dan menempatkan unsur berita dalam tulisan (5WIH) dan ada nilai beritanya seperti terbaru, fakta, ada sumber yang jelas dan sebagainya.

Seorang penulis jika mengabaikan kaidah Jurnalistik, maka dapat dipastikan hasil tulisannya kurang bagus bahkan sedihnya karya itu tidak layak terbit.(Bersambung.. )

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top