4.000 Warga Pekanbaru Berobat Dengan Manfaatkan KTP

ASRI24 – Rengat – Riau – Ada 4.000 warga Kota Pekanbaru telah memanfaatkan layanan kesehatan gratis cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di sejumlah fasilitas kesehatan.

Khusunya, dalam Program Layanan Kesehatan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, ribuan warga ini mengakses layanan di beberapa kategori. Mulai dari pusat kesehatan masyarakat hingga ada yang dirujuk ke rumah sakit.

“Jumlah ini terhitung sejak diluncurkan pada akhir Juli kemarin. Ada yang di Puskesmas ada yang kita rujuk ke rumah sakit rujukan,” kata Indra Pomi di Pekanbaru, Sabtu.

Fasilitas layanan gratis ini lanjutnya sudah terintegrasi dengan sejumlah fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta.

Selain itu pihaknya juga melakukan konsolidasi dan koordinasi ke fasilitas kesehatan lain untuk bisa melayani masyarakat dalam keluhan penyakit yang diderita.

“Supaya masyarakat bisa mendapatkan jaminan kesehatan. Infrastruktur juga kita perbaiki. Ini juga program pejabat walikota,” ungkapnya.

Warga Kota Pekanbaru yang ingin berobat bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan terdekat. Ada 144 jenis penyakit yang dibiayai untuk layanan ini.

Jika terjadi kendala lanjutnya ada tim reaksi cepat untuk membantu validasi administrasi. Tim ini terdiri dari Pemerintah Kota, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dan termasuk juga seluruh admin rumah sakit yang ada di Pekanbaru. (Red).

 

"Selamat Datang di ASRI24.com , Berita Terkini, Fakta, Referensi"

Scroll to Top